Kamis, 22 Maret 2012

URGENSI PEMAHAMAN MENGENAI PENGENDALIAN DAN PENGAMANAN KONSTITUSI BAGI CALON GURU PKn



     Generasi muda sebagai calon generasi penerus bangsa haruslah mengetahui dan memahami tentang pengendalian dan pengamanan konstitusi, terlebih lagi kita sebagai calon guru PKn. Sebagai calon guru PKn hendaklah kita bisa menjawab apa yang sekiranya nanti menjadi suatu permasalahan dalam dunia pendidikan yang lebih khususnya dalam pembalajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Sebagai guru hendaklah menjadikan peserta didik output yang berkuakitas dan mempunyai karakter yang memang mempunyai daya saing yang handal. Tidak hanya berkualitas saja tetapi juga menjadi sumber daya manusia yang berguna bagi bangsa dan Negara.
     Sebagai calon guru PKn yang nantinya kita sebagai panutan dan menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan, kita hendaklah harus berpengetahuan luas, salah satunya kita atau calon guru PKn harus memahami tentang konstitusi yang meliputi di dalamnya seperti pengertian konstitusi, materi atau muatan konstitusi, kedudukan, fungsi konstitusi, serta pengamanan dan pengendalian konstitusi.
     Adapun kegunaan atau manfaat mengapa kita harus memahami hal tersebut adalah agar kita mengerti bagaimana perjuangan para pahlawan-pahlawan kita dalam pembentukan Negara Indonesia ini, dan supaya nanti jika ada pertanyaan dari peserta-peserata didik kita bisa memberikan penjelasan yang memuaskan.
     Tidak hanya di sekolah saja, di dalam kehidupan bermasyarakat pun kita juga harus memahami tentang apa itu konstitusi, karena di dalam konstitusi sebenarnya adalah jati diri bangsa Indonesia sendiri. Konstitusi juga merupakan dasar hukum dari pareturan perundang-undangan lainnya, sebagai acuan untuk membuat aturan-aturan. Oleh sebab itu pemahaman dan pengendalian konstitusi sangatlah penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar